background

Selasa, 06 Oktober 2009

Lembaga Penyalur Perawat ke Luar Negeri Terbentuk

Lembaga Penyalur Perawat ke Luar Negeri Terbentuk
*Bidikan Awal ke Arab Saudi

Kendari, Kepres - Lembaga Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LP3-SDM), sebuah lembaga penyalur tenaga perawat ke luar negeri terbentuk di Kendari, Sulawesi Tenggara. Bekerjasama dengan PT Milenium Muda Mandiri, salah satu penyalur tenaga kerja provesional berkedudukan di Jakarta, lembaga ini bakal menyalur sekitar 600 orang tenaga perawat dari Sultra ke Arab Saudi.

Direktur LP3-SDM Mandiri Kendari Muh Kasmar SKM M.Kes mengungkapkan, lembaga ini dibentuk karena melihat fenomena di Sultra, masih banyak perawat yang mendapat gaji dibawah upah minimum provinsi. Bahkan katanya, ada perawat yang magang disebuah institusi pelayanan kesehatan milik pemerintah, tetapi sama sekali belum mendapat gaji selama bertahun-tahun.

"Kondisi inilah yang membuat kita membentuk lembaga ini, demi menjawab keresahan para perawat di Sultra yang jumlahnya sangat banyak tetapi sangat minim diberi upah," tegas Kasmar, kepada Kendari Ekspres kemarin.

Menurut Kasmar, kebutuhan tenaga perawat di luar negeri saat ini meningkat drastis.Karena itu permintaan terus menunjukan peningkatan, terutama negara-negara maju. Ia mengatakan, kaum muda di negara maju, lebih suka menggeluti dunia bisnis dan teknologi informasi dibanding menjadi perawat, sehingga kekurangan perawat di sana.

"Perawat yang bekerja provesional di Timur Tengah, yang merupakan tujuan awal, bila kontrak kerja selesai, langsung menuju Eropa dan Amerika, karena gaji yang lebih besar. Karena itu, Timur Tengah, selalu kekurangan tenaga perawat. Kondisi seperti ini pula, yang menjadi tujuan utama dibentuknya lembaga ini," tambahnya.

Abu Hasan SKM, Dewan Pengurus LP3-SDM menambahkan, tahap awal, akan diberangkatkan sebanyak 600 orang tenaga perawat dari Indonesia termasuk didalamnya Sultra, akan bekerja di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Bekerja di Rumah Sakit Arab Sudi, punya keuntungan. Diantaranya penghasilan bersih Rp 15 juta per bulan, biaya penginapan, transportasi ditanggung pihak Rumah Sakit, Jaminan Asuransi Kesehatan dari Pemerintah Aeab Saudi, termasuk fasilitas Umroh dan Haji. Jika perawat Sultra berminat, ini adalah kesempatan baik untuk bekerja secara provesional, dengan gaji yang memadai," ujarnya. M2/C/HEN

0 komentar:

Poskan Komentar

Stats Button

Visitors

free counters
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Chat Box

Pengikut

 
Ners. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.