background

Minggu, 17 Oktober 2010

Hubungan Intersel

HUBUNGAN INTERSEL



Dua jenis hubungan antar sel-sel yang membentuk jaringan, hubungan yang mengikatkan sel-sel sama lain dan dengan jaringan sekitarnya, dan hubungan yang memungkinkan pemindahan ion-ion dan molekul-molekul lain dari satu se l ke sel lainnya. Hubungan yang mengikatkan sel satu sam lain dan memberikan kekuatan dan kestabilan jaringan adalah tight junction dan desmosom. Desmosom dibagi lagi menjadi bell desmosome, spot desmosome, dan hemi desmosome. Hubungan dimana molekul-moekul dipindahkan adalah gapjunction.
Tight junction sifatnya mengelilingi pinggir apical sel-sel epitel seperti mukosa usus, dinding tubulus ginjal, dan plexus koroideus. Mereka membentuk tonjolan protein separoh dari sel lain yang melekat demikian kuat pada hubungan sel, sehingga mereka hamper menyumbat ruang antar sel-sel. Selain mengikat sel-sel mereka membentuk sawar terhadap pergerakan ion-ion da solute dari satu sisi epitel menuju ke sisi lain. Beberapa epitel lebih mudah dilewati solute daripada epitel lain, tetapi tight junction pada semua epitel memegang peranan penting dalam fungsi fisiologis epitel.
Belt desmosome dan spot desmosome ditandai oleh penebalan membarn yang berhadapan darimasing-masing sel melekat fibril-fibril sitoplasmik, sebagian sejajar dengan membrane dan lainnya memancar menjauhinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Stats Button

Visitors

free counters
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Chat Box

Pengikut

 
Ners. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.